Tugas 2 PBO : Konsep OOP
Nama : Moh. Rizky Rahmadian Makkani
NRP : 5025231035
Kelas : PBO A
Tugas Pertemuan 2 : Konsep OOP
1. Apa itu Class?
Class adalah konsep dasar dalam pemrograman berbasis objek (OOP) yang berfungsi sebagai cetak biru atau blueprint untuk menciptakan objek, membuat pemrograman menjadi lebih terstruktur dan efisien.
Analoginya, class seperti gambar desain yang digunakan oleh seorang arsitek untuk membangun sebuah rumah. Gambar arsitektur tersebut mendefinisikan struktur, tata letak, dan bentuk rumah yang akan dibangun. Secara serupa, class dalam pemrograman mendefinisikan struktur dan perilaku dari object yang akan diciptakan.
2. Apa itu Object?
Yang dimaksud dengan objek pada java adalah sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method-method yang terkait. Objek juga merupakan benda nyata yang di buat berdasarkan rancangan yang di definisikan di dalam class
Object adalah instance dari class. Jika class secara umum mepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel, dan lain-lain.
Object adalah instance dari class. Jika class secara umum mepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel, dan lain-lain.
Abstraction adalah praktik menyederhanakan sistem yang kompleks dengan memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Dengan meringkas detail dari sebuah objek, seorang programmer dapat menyederhanakan suatu desain program.
Code untuk abstraction.
4. Apa itu Encapsulation?
Encapsulation adalah salah satu konsep dasar OOP yang menyembunyikan detail suatu objek dari akses luar. Encapsulation membantu dalam menciptakan kode yang lebih aman dengan mencegah modifikasi data yang tidak disengaja.
5. Apa itu Inheritance?
Inheritance adalah mekanisme dalam OOP yang memungkinkan suatu objek mewarisi properti dan metode dari objek induknya. Inheritance memungkinkan terciptanya hubungan antara objek yang memiliki karakteristik dan perilaku yang sama.
Dengan mengatur objek ke dalam subkelas berdasarkan karakteristik yang sama, seorang programmer dapat membuat basis kode yang dapat digunakan berulang kali.
Code untuk inheritance.
6. Apa itu Polymorphism?
Polymorphism merupakan kemampuan objek untuk mengambil bentuk yang berbeda atau memiliki banyak perilaku, tergantung pada konteks penggunaannya. Polymorphism memfasilitasi pemrograman yang lebih fleksibel, karena objek dapat digunakan dalam berbagai konteks berbeda sambil tetap berperilaku yang sesuai.
code untuk polymorphism.
7. Apa itu Overloading?
Overloading merupakan metode di mana beberapa fungsi dapat memiliki nama yang sama tetapi dengan daftar parameter yang berbeda. Kompiler akan memutuskan fungsi mana yang akan dipanggil berdasarkan jumlah dan jenis argumen yang diberikan ke fungsi tersebut.
Komentar
Posting Komentar